Heuummm…… kisah kehidupan begitu banyak lika-likunya dalam setiap episode, apalagi yang sudah mencapai klimaksnya, menarik ^_^. Meskipun menderita, merana, atau sakit hati bahkan yang sangat bahagia.

Beruntunglah orang yang mengalami setiap episode kehidupan itu, dia yang paling banyak menikmati keindahannya. Belajar dari pengalaman sendiri maupun dari kisah orang lain, pasti akan ada hikmahnya. Lalu bagaimana kah asa, ketika mengarungi cerita pada satu masa beralih ke cerita baru lainnya? Ada yang langsung bisa menyesuaikan, tapi ada juga yang mengalami masa pancaroba, ex : saya.

Layaknya musim, asa pun rasanya tidak mudah dikendalikan saat kita mengalami perubahan keadaan. Keadaan yang melibatkan sebuah harapan, yang tadinya berharap menjadi kecewa, yang kecewa menjadi bahagia, yang tadinya percaya menjadi tidak percaya atau lainnya. Pada masa peralihan ini, asa pun berubah-ubah, tiba-tiba baik, tiba-tiba diam, atau bahkan emosi. Pancaroba dalam musim dapat menyebabkan beberapa gangguan fisik. Pancaroba dalam asa menyebabkan gangguan nonfisik. Jadi wajar rasanya jika bagi beberapa orang tidak mudah untuk menyesuaikan asa dalam keadaan baru.

Waktu! Mungkin ini lah yang dibutuhkan. Meskipun tidak mudah, tapi orang PASTI akan bisa menyesuaikan asa nya. Mengertilah, tidak baik jika memaksakan asa dalam sebuah keadaan