Heee…. giliran kepepet mah kalo trus usaha insyaAllah dapet jalan keluarnya, walaupun lieurrr.  Ya Alhamdulillah menjadi jalan buat nambah ilmu, namanya juga harus perlu terus belajar. Ini soal nyari nama driver komputer, sound, display ato yg lain.  Kalo abis nginstal ulang trus perlu nginstal driver komputernya jg, udah ada drivernya sih enak, gampang tinggal instal. Tapi kalo ada dan tapi jg gak tw nama device nya apa bingung juga mu nginstal pake driver yang mana, ni artinya status die “Unknown Device”.  Diliat di device manager atau dxdiag juga gak ada. Nah alhamdulillah begete liat punya mas Dirman dapet juga deh solusinya.

Dan kudu ditulis lagi ye, dasar pikun!

Repost dari sini

Bagaimana mencari driver untuk Unknown Devices

Setiap perangkat di komputer mempunyai Vendor ID dan Device ID. Anda hanya tinggal mengetahui ID ini untuk mencari driver yang tepat. Sekarang mari kita lihat bagaimana Anda dapat mencari Vendor ID dan Device ID.

Langkah 1:

Buka Device Manager

Langkah 2 :

trus keliatan unknown device disini yang ber icon tanda tanya ‘?’ warna kuning, contoh adalah Sound Card yang terdeteksi sebagai unknown device.

Langkah 3:

Klik Kanan pada unknown device dan klik Properties. kita akan melihat properties dari device tersebut.

Langkah 4 :

Dibawah window properties, lihat tab Details dan pilih Device Instance ID dibawah drop down box yang ada.

Langkah 5 :

Saat kita pilih Device Instance ID, contoh kita melihat sesuatu seperti dibawah ini

PCI\VEN_8086&DEV_266E&SUBSYS_3006103C&REV_03\3&B1BFB68&0&F2

Vendor ID dapat dilihat setelah kode VEN dan Device ID berada di sebelah kode DEV. Misalnya, pada contoh diatas, Vendor ID dan Device ID nya adalah…

Vendor ID : 8086

Device ID : 266E

Langkah 6:

Setelah mengetahui Vendor ID dan Device ID, kunjungi situs http://www.pcidatabase.com/. Di dalam situs tersebut kita dapat mencari database informasi perangkat berdasarkan Vendor dan Device ID.

Langkah terahir ya tinggal cari drivernya.

Advertisements