Hard Disk memang jadi pilihan utama buat menyimpan data-data kita, baik dokumen, foto, musik maupun video, bahkan sampai penuh juga tuh hard disk kita.
Sebel ya,, kalo mau nyimpen…. ternyata ga bisa..!!
gara-gara hard disknya udah kepenuhan…. (︶︿︶)….
apa lagi kalo ternyata hard disknya rusak… (╥_╥)
Argh….

Solusi masalah tersebut bisa dipecahkan dengan layanan hard disk online. Beberapa situs memang sudah menyediakan layanan khusus ini dan memilki beberapa keuntungan. Selain sebagai alternatif pilihan tempat, dengan layanan seperti ini, data kita bisa diakses dari mana saja.

Bisa dilihat dan dicoba beberapa situs yang menyediakan layanan hard disk online.

  1. Adrive http://www.adrive.com/ , menyediakan kapasitas paling besar, yaitu 50 GB. Kapasitas maksimal sebuah file sebesar 2 GB
  2. Humyo http://humyo.com/ , kapasitas 30 GB. Untuk upload file, humyo tercepat dibanding lainnya.
  3. Xdrive http://www.xdrive.com/ , Kapasitas maksimal sebuah file sebesar 2,5 GB. Download file tercepat
  4. DriveHQ http://www.drivehq.com/ , kapasitas 1 GB. Maksimal upload satu file 50 MB
  5. Mozy http://mozy.com/
  6. Gigabank https://www.gigabank.de/en/gigabank/index.php Download file tercepat
  7. Idrive http://www.idrive.com/
  8. Google Docs http://docs.google.com/ , fitur terbaru dari Google berkapasitas 1 GB. Upload maksimal 250 MB per file. Kita juga dapat membuat sendiri filenya, langsung pada google docs, berupa documents, presentation, spreadsheet maupun form serta dapat share ke orang lain atau langsung kirim ke email. Bagi yang sadah mempunyai akun google, bias langsung masuk.

Untuk dapat memanfaatkan hard disk online, kita dapat mendaftarkan diri ke beberapa situs penyedia layanan hard disk online seperti di atas. Masing-masing situs memiliki kapasitas, kelebihan dan kelemahan yang berbeda, termasuk kepada kemanaan data yang disimpan. Jika ingin melebihi kapasitas yang ada atau mendapatkan layanan lainnya yang lebih, bisa melakukan upgrade ke layanan berbayarnya.